KPC tetap teguh menjaga dan menjalankan komitmen kami untuk menyediakan kebutuhan energi dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan geliat roda ekonomi dengan cara-cara yang bertanggung jawab, sambil terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat, teguh dalam melestarikan lingkungan dan menghormati karyawan, mitra usaha, serta para pemegang saham.

Strategi keberlanjutan kami didasarkan pada “More Than Mining” sebagai filosofi, dan panduan teknik pertambangan yang tertuang dalam Good Mining Practice yang keduanya diterjemahkan dan diintegrasikan menjadi strategi keberlanjutan yang dikenal dengan “KPC Sustainable Business Practice Pillars”, yaitu: Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Peningkatan Kinerja, Perlindungan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Insan KPC, Maju Bersama Masyarakat, dan Kemitraan yang Berkelanjutan.

Pilar-pilar inilah yang menyatukan tujuan dan strategi perusahaan menjadi satu ukuran kesuksesan kami dalam menjalankan aktivitas, operasional dan bisnis. Pilar-pilar ini juga yang mencerminkan nilai-nilai kami - KPC 7 Values, yang menjadi panduan sikap dan menjadi dasar pertimbangan dari setiap keputusan yang kami ambil.

Sepanjang tahun 2015, industri batubara global masih dalam kondisi yang belum baik. Harga batubara yang rendah, diwarnai oleh persaingan sengit dan belum lagi tuntutan pelanggan yang semakin tinggi untuk memperoleh produk dan layanan terbaik. Selain itu, kesadaran masyarakat dan pelanggan atas pentingnya praktik-praktik keberlanjutan semakin meningkat pesat dalam satu tahun ini. Sehingga, tidak ada jalan lain, bisnis harus berubah mengikuti arus dan perkembangan.

Melihat berbagai tantangan yang ada, KPC percaya perubahan tidaklah terelakan. Namun, kami berkomitmen untuk tidak mengambil jalan pintas dalam mencapai business sustainability. Satu hal yang kami pegang teguh dan tidak akan berubah adalah komitmen perusahaan untuk menjadi warga korporasi yang baik, dan kami hadir untuk memastikan sumber daya batubara yang KPC kelola sekarang dapat membawa manfaat yang berkelanjutan bagi masa depan masyarakat Kalimantan Timur dan rakyat Indonesia.

Demi mencapai tujuan itu, KPC memulai perubahan dari dalam, yakni perubahan budaya kerja dimana kami bertransformasi menjadi organisasi yang lebih customer-oriented, yang pada akhirnya meningkatkan standar implementasi praktik keberlanjutan di seluruh lini operasional KPC. 

Seluruh upaya untuk meningkatkan kinerja operasional internal KPC, telah membantu kami menjalankan operasional bisnis secara menguntungkan dan memastikan KPC terus mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi, lingkungan, dan sosial masyarakat setempat di Sangatta dan Bengalon. Kontribusi ini mencakup terbukanya kesempatan bekerja, pembelian produk dan jasa dari pemasok lokal, perkembangan infrastruktur dan sarana, dan kontribusi pajak serta royalti bagi pemerintah daerah dan pusat.

Di tahun 2015, realisasi dana pengembangan masyarakat KPC mencapai Rp 62,20 milyar didistribusikan untuk berbagai program jangka panjang dan berdampak positif demi pengembangan masyarakat, sehingga masyarakat Sangatta dan Bengalon mampu mandiri dan meraih kualitas hidup yang lebih baik.  

Lebih dari itu, kami bangga menjadi salah satu dari 24 wajib pajak dengan kontribusi pajak terbesar tahun 2015, sebagaimana diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia. Penghargaan dan pengakuan dari Pemerintah Indonesia ini menjadi salah satu puncak perjalanan keberlanjutan KPC. Dengan pencapaian tersebut, KPC menjadi saksi bahwa mantra yang dipercaya para pelaku bisnis: “masa-masa sulit dapat membuahkan yang terbaik bila dikelola dengan sungguh-sungguh" dapat direalisasikan.

Perjalanan dan pencapaian KPC sepanjang tahun 2015 telah memberikan kami kepercayaan diri yang kuat untuk melangkah ke depan. KPC terus fokus pada tujuan keberlanjutan kami yang didasari oleh filosofi More Than Mining dan Semangat Membara untuk memberikan manfaat berkelanjutan bagi pemegang saham, masyarakat setempat dan masyarakat luas, sambil terus menjujung prinsip-prinsip operasional yang menghormati dan melindungi lingkungan.

Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Sangatta, Bengalon dan Rantau Pulung, Kalimantan Timur yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada KPC. Kepada para karyawan, kontraktor, pemasok dan mitra usaha kami atas dedikasi, kerja kerasnya, dan komitmen kuat untuk terus maju dan terus meningkatkan kinerja mereka baik dalam bisnis, ataupun dalam operasional sehari-hari.

Berkat dukungan dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan inilah, kami yakin KPC akan terus tumbuh secara berkelanjutan, bertanggung jawab dan etis, serta menjadi perusahaan yang kompetitif dan mampu memberikan manfaat berkelanjutan bagi rakyat negeri ini.

Akhirnya, saya percaya bahwa pendekatan kami secara konstan harus ditantang dan dipertanyakan dalam rangka peningkatan lingkungan global yang selalu berubah. Oleh karena itu, saya ingin mengundang semua pembaca untuk menyampaikan ide dan pemikirannya tentang Laporan Keberlanjutan 2015 kami dan website ini.