Manajemen Kami

Mr. Saptari Hoedaja
Chief Executive Officer

Saptari Hoedaja adalah seorang sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin Indonesia sejak pertengahan tahun 2011. Beliau kemudian ditunjuk sebagai Chief Executive Officer PT Kaltim Prima Coal pada akhir tahun 2014.


Mr. Muhammad Rudy
Chief Operating Officer

Muhammad Rudy adalah seorang Sarjana Teknik Pertambangan dari Universitas Sriwijaya. Beliau bergabung dengan PT Kaltim Prima Coal pada tahun 1992. Beliau memiliki pengalaman yang luas dalam bidang operasional tambang, perencanaan tambang, dan tinjauan keekonomian tambang. Sebelum menjabat pada posisi saat ini, beliau telah menjalankan berbagai fungsi di KPC, antara lain sebagai Superintendent Production, Superintendent Business Analysis, Manager Mining Contract, dan General Manager Contract Mining yang mengkoordinasi dan mengelola kontraktor tambang KPC. M. Rudy menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) sejak November 2014. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Teknik Tambang KPC sampai dengan saat ini.


Mr. Ashok Mitra
Chief Finance Officer

Ashok yang merupakan General Manager Finance dari Tata Power Company Limited, Mumbai, India, dipindahkan ke Indonesia pada bulan Agustus 2007 sebagai Chief Financial Officer PT Kaltim Prima Coal ketika Tata Power mengakusisi 30% saham. Beliau bertanggung jawab terhadap aspek Finance and Commercial, Supply Chain Management and Business Improvement.
Di bawah bimbingannya sejumlah langkah telah diambil untuk mengurangi biaya produksi. Dia juga dikaitkan dengan rencana ekspansi saat ini sedang dilakukan oleh perusahaan. Dia adalah Chartered Accountant dan Company Secretary dari India yang telah bekerja dengan Tata Group sejak tahun 1985.


Rahmad Desmi Fajar
General Manager Strategic Business Development

Rahmad Desmi Fajar adalah seorang Akuntan dari Universitas Padjadjaran; juga memiliki gelar Master of Science on Energy Trade & Finance dari Cass Business School, London, UK; dan Magister Hukum (Bisnis) dari Universitas Indonesia. Selain itu juga mengikuti beberapa program pengembangan seperti Rio Tinto Young Professional Program, LEAD (Leadership on Environment and Development) International, and Chevening Scholarship. Ia bergabung dengan PT Kaltim Prima Coal pada tahun 1997 melalui program GDP Accounting; dan selanjutnya pernah menjalankan berbagai jabatan di bidang Keuangan, Korporat dan Pemasaran; kemudian dipromosikan menjadi General Manager Strategic Business Development pada tahun 2018.


Mr. Wawan Setiawan
General Manager External Affairs & Sustainable Development

Wawan Setiawan adalah seorang sarjana Antropologi dari Universitas Padjadjaran Bandung. Beliau bergabung dengan PT kaltim Prima Coal di bulan April 2003. Beliau berpengalaman di berbagai jabatan yang berkaitan dengan community relation. Sebelum menjabat pada posisi sekarang, beliau telah menjalani berbagi posisi dan peran di KPC, antara lain sebagai Specialist Public Relations, Superintendent Community Relations, Superintendent Community Support, dan Manager Bengalon Community Relations and Development dimana beliau mengelola dan memastikan operasional dan program KPC di Bengalon dapat berjalan dengan baik. Wawan Setiawan menjabat sebagai General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) sejak bulan Mei 2016.


Mr. Asmit Abdullah
General Manager Supply Chain

Asmit Abdullah adalah seorang Insiyur Sipil Universitas Sriwijaya. Beliau berpengalaman lebih dari 19 tahun dan telah menjabat berbagai posisi di KPC sebagai . Beliau bergabung dengan KPC di tahun 1994 sebagai Civil Engineer di Mine Civil Section. Di tahun 1997 beliau diperbantukan di Minenco Pty LTD di Australia, kemudian pada tahun 1999 beliau ditunjuk menjadi Superintendent Mine Rehabilitation & Civil. Sejak tahun 2002 sampai dengan tahun 2004 beliau menjabat sebagai Manager Infrastructure and Civil Projects. Pada akhir tahun 2004, beliau kemudian ditunjuk menjadi Performance Improvement Project Leader selama satu tahun kemudian sebagai Manager Infrastructure, Civil and Improvement Projects sampai dengan tahun 2006. Sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2013, beliau menjabat sebagai Manager Coal Processing Plant. Pada bulan Desember 2013, beliau ditunjuk sebagai GM Coal Processing and Handling Division. Pada bulan Juni 2015, beliau kemudian diangkat menjadi GM Supply Chain Division.


Mr. Adri Kurnia
General Manager Legal

Adri Kurnia dipromosikan untuk menduduki jabatan General Manager Legal pada bulan Desember 2014. Sebelumnya beliau adalah in-house lawyer pertama di KPC sewaktu menjabat sebagai Manager Legal di tahun 2008. Sebelum bergabung dengan KPC, beliau berpengalaman bekerja di berbagai law firm di Jakarta. Beliau aktif terlibat di asosiasi industri batubara dan menjabat sebagai Legal Committee Chairman of the Indonesian Coal Mining Association (ICMA-APBI) dan sebagai Legal Committee Deputy Chairman of the Indonesian Mining Association (IMA). Beliau adalah anggota dari PERADI, Indonesian Bar Association dan seorang associate di Chartered Institute of Arbitrators (CIARB). Adri Kurnia memperoleh gelar Master of Law pada tahun 2014 dari Universitas Indonesia dan Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran. Beliau juga aktif sebagai pembicara di seminar-seminar nasional ataupun internasional untuk topik-topik yang berhubungan dengan hukum pertambangan.


Mr. Khudori
General Manager Human Resources

Khudori bergabung dengan KPC pada 1995 di depertemen Human Resources and Development Services (HRDS). Pada 2002, ia dipromosikan menjadi Manajer HRDS. Saat KPC membentuk Safety Improvement Committee (SIC), sebuah tim yang dipimpin oleh Managing Director, termasuk semua manajer umum pada 2002. Khudori merupakan satu-satunya manajer di SIC. Selama periode tersebut ia mengembangkan pemahaman tentang kebijakan strategis dari sistem manajemen keselamatan di KPC. Dia kemudian ditugaskan sebagai Manajer Occupational Health and Safety sebelum diangkat sebagai General Manager Human Resources di tahun 2006.


Mr. Hendrawan
General Manager Business & Performance Improvement

Hendrawan merupakan lulusan ITB, dengan gelar jurusan insyinyur mekanik pada 1990. Ia bergabung dengan KPC pada 2007 sebagai Maintenance Manager – Mining Support Division. Ia menjabat posisi Maintenance Services Manager kemudian Haul Truck Maintenance sebelum promosi sebagai GM Business Performance Improvement Division pada April 2014. Sebelum bergabung dengan KPC, ia berkerja di PT International Nickel Indonesi (PT INCO) selama 16 tahun dengan bermacam posisi yang berhubungan dengan maintenance.


Mr. Immanuel Manege
General Manager Health Safety Environment & Security

Imanuel Manege merupakan lulusan Universitas Mulawarman Samarinda, dengan gelar Insinyur Kehutanan pada 1989. Sebelum bergabung dengan KPC, ia bekerja di PT. Porodisa Trading & Industrial CO, LTD sebagai Manajer “Perencanaan dan Pembinaan Hutan selama 5 tahun. Ia mulai bekerja di KPC sejak 1994 sebagai Engineer Environmental. Pada tahun 1997 posisinya direklasifikasi ke Senior Engineer Environmental. Ia dipromosikan sebagai Superintendent Reclamation pada 1998, dan pada 2003, dipromosikan menjadi Manager Enviromental. Pada 2009, ia diangkat sebagai GM Health Safety Environmental & Security.


Mr. Armstrong Tobing
General Manager Contract Mining

Armstrong Tobing merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), memegang gelar dalam jurusan Teknik Sipil (S1) dan Teknik Geoteknik (S2). Ia bergabung dengan Kaltim Prima Coal sebagai Geotechnical Superintendent pada tahun 2001. Dia menempati posisi sebagai Manajer Kontrak Pertambangan untuk Bengalon sebelum dipromosikan sebagai General Manager – Contract Mining.


Mr. Herlan Siagian
General Manager Marketing

Herlan Siagian bergabung dengan KPC pada 1993 setelah memperoleh gelar Insinyur Pertambangan di Australia. Karinya dimulai sebagai Mining Engineer. Setelah beberapa tahun di bidang pertambangan, ia bergabung dengan divisi marketing dan mendapatkan banyak pengalaman dalam operasi penjualan, dan hal-hal seputar marketing. Pada 2001, ia ditugaskan di Pacific Coal (Rio Tinto Group) sebagai Marketing Manager yang berempat di Brisbane, Australia selama sekitar dua tahun. Setelah kembali ke KPC, ia melanjutkan pekerjaannya sebagai Marketing Manager, memasarkan batubara KPC untuk semua wilayah di seluruh dunia. Pada 2005 ia diangkat sebagai General Manager Marketing.


Mr. Rio Supin
General Manager Business Development and Risk Management

Rio bergabung di KPC sejak November 1999. Memulai karirnya sebagai lulusan Akunting dan kemudian menapaki tangga karirnya dengan posisi terakhir sebagai Manager Accounting & Tax sebelum promosi sebagai GM Finance pada bulan Mei 2012. Pada tahun 2019 beliau menduduki jabatan baru sebagai GM Business Development and Risk Management. Ia memiliki gelar Akunting dari Universitas Sriwijaya dengan pengalaman yang ekstensif dalam bidang akunting dan pajak, kebendaharaaan, manajemen aset dan finance.


Mr. Hendro Ichwanto
General Manager Mining Operation Division

Lulus dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, dengan gelar Insinyur Pertambangan. Bergabunng dengan PT KPC pada 1997. Berpengalaman dalam berbagai peran pada operasi pertambangan sebelum beliau dipromosikan sebagai GM Mining Operation pada Agustus 2012. Beliau memulai karirnya di KPC sebagai Mining Engineer kemudian ditunjuk sebagai Mine Manager of Pit Hatari, Superintendent Drill & Blast, dan Superintendent Pit Technical.


Mr. Untung Prihardiyanto
General Manager Mining Support Division

Sebelum bergabung dengan KPC ia memiliki beberapa pengalaman dan peran dalam pemeliharaan alat berat dan manajemen industri kayu dan juga dari kontraktor kilang minyak. Ia saat ini bertanggung jawab untuk Mining Support Division yang termasuk memantain management pada semua alat berat dan mobile beroperasi dengan PT Kaltim Prima Coal seperti penggali, truk, alat berat, peralatan pendukung, dan fasilitasnya, serta distribusi BBM ke seluruh armada mereka. Untung Prihardiyanto memegang gelar Sarjana Ekonomi Manajemen dari Universitas 17 Agustus.


Mr. Poltak Sinaga
General Manager Coal Processing & Handling

Setelah berkarir lebih dari 17 tahun di KPC, dimulai sebagai Sarjana Teknik Mesin, pada 2015 Poltak Sinaga dipromosikan menjadi Manajer Umum Divisi Pemrosesan dan Penanganan Batubara. Poltak Sinaga memiliki pengalaman luas dalam manajemen proyek, manajemen operasi, dan manajemen aset. Dia membawa rekam jejak yang terbukti dalam operasi, pemeliharaan, dan rekayasa penanganan material curah dan pabrik tetap dari pit ke port. Dari 2004 hingga 2013 ia berhasil memimpin pelaksanaan proyek-proyek lapangan cokelat dan lapangan hijau multi-disiplin di fasilitas peremukan, konveyor darat, terminal batubara, dan fasilitas pelabuhan yang merupakan bagian dari program ekspansi operasi KPC yang membawa peningkatan throughput lebih dari tiga kali lipat. selama periode itu. Poltak juga mengerjakan sejumlah penugasan yang terkait dengan optimalisasi operasional, peningkatan proses bisnis, dan strategi di seluruh KPC. Poltak Sinaga lulus dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1997 dengan gelar sarjana Teknik Mesin dan memperoleh gelar MBA dari universitas yang sama pada tahun 2015.


Mr. Arif Rusmin
General Manager Mining Development

Arif Rusmin adalah seorang Sarjana Teknik Pertambangan dari Universitas Sriwijaya dan Master of Management dari Universitas Mulawarman. Beliau bergabung dengan PT Kaltim Prima Coal pada tahun 2001 sebagai mining engineer. Beliau memiliki pengalaman yang luas dalam bidang perencanaan tambang dan evaluasi keekonomian tambang. Sebelum menjabat pada posisi saat ini, beliau telah menjalankan fungsi di KPC sebagai Superintendent Five Year Planning dan Manager Mine Planning. Beliau juga memegang sertifikat Competent Person Indonesia (CPI) sebagai ahli estimasi cadangan batubara. Selain itu beliau juga terdaftar sebagai anggota Australasian Institute of Mining and Metallurgy (AusIMM).