57 Pasien Katarak Dioperasi Tahun 2018

26 days

PT Kaltim Prima Coal (KPC) sukses menggelar kegiatan bhakti sosial operasi katarak untuk masyarakat Kutai Timur, Sabtu (11/8) lalu. Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Sangatta Selatan itu, berhasil menyembuhkan 57 orang pasien dari Kutai Timur.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara KPC, Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat (BKMOM) Samarinda, Dinas Kesehatan Kutai Timur dan Puskesmas Sangatta Selatan. Kegiatan ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) tahuan KPC sejak tahun 2003 silam dan telah berhasil memulihkan 565 pasien.

Supriyoto, warga Kecamatan Rantau Pulung mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan operasi katarak gratis tersebut. Buruh di kerkebunan sawit tersebut meminta KPC agar kegiatan operasi katarak terus dilanjutkan, agar semakin banyak masyarakat yang dipulihkan. “Semoga KPC bisa terus mengadakan bhakti social ini supaya orang yang menderita seperti saya ini teratasi semua,” ujar Supriyoto.

Hal senada disampaikan Supriyati, warga jalan Haji Masdar, Sangatta Utara. Menurut Supriyati, kegiatan bhakti social operasi katarak sangat membantu dirinya dan keluarga. Karena itu ia meminta agar kegiatan tersebut dilanjutkan tahun depan. “Kegiatan ini sangat membantu bagi saya dan mudah-mudahan KPC tambah maju lagi dan banyak masyarakat yang bisa ditolong,” kata Supriyati.

Peminat operasi katarak tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Dari data yang dihimpun panitia, total pendaftar mencapai 131 orang, namun hanya 57 pasien yang layak dioperasi. Pada kegiatan kali ini, panitia penerjunkan empat orang dokter, 10 orang perawat dan satu orang analis.(*)