KPC Serahterimakan 13 Program CSR di Sangatta

6 months

PT Kaltim Prima Coal (KPC), Rabu (7/11), menyerahkan 13 paket program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), atau yang dikenal dengan program corporate social responsibility (CSR). Paket program tersebut diserahkan dihadapan Bupati Kutai Timur dan jajaran pemerintah Kabupaten Kutai Timur, yang berlangsung di Bumi Pelatihan Percontohan dan Usaha Tani Konservasi (BPPUT).

Dari 13 paket program tersebut, ada empat paket program pengembangan agribisnis, empat paket program peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dua paket program kesehatan, dua program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan satu paket program pendidikan.

Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT menyampaikan apresiasi atas serah terima program CSR KPC ini. Bupati secara khusus merespon program bantuan BUMDes, yang menurutnya bagus untuk meningkatkan kemakmuran desa.

Salah satunya adalah program pusat perbelanjaan kebutuhan rumah tangga, yang sudah dibuka oleh BUMDes Mulya Sari dalam bentuk Mulya Mart. “Saya akan memberikan akses yang luas untuk perkembangan Mart yang dibuka oleh BUMDes. Ini sudah ada Mulya Mart dan silakan untuk mart-mart yang lain juga agar dibuka,” kata Bupati Ismunandar.

Selain mendukung kehadiran pusat perbelanjaan yang dikelola BUMDes, Bupati juga memberikan perhatian khusus terhadap BUMDes yang bergerak dalam bidang ekowisata, Mulya Park. Mulya Park adalah BUMDes yang mengelola area wisata di Bumi Percontohan Pertanian dan Usaha Tani Konservasi (BPPUTK). “Mohon lengkapi sarana outbond di BPPUTK, agar bisa dikunjungi saat perhelatan Porprov Kaltim,” kata Bupati.

GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih atas semangat kolaborasi antara KPC dan pemerintah, sehingga program CSR bisa berjalan baik. “Terima kasih support Bupati, Wakil dan semua pihak, karena kami tidak bisa sendiri dalam menjalankan program CSR. Kami butuh kolaborasi dengan semua pihak,” kata Wawan.

Lebih lanjut Wawan berharap, program CSR menjadi embrio penting dalam pembangunan desa di Kutai Timur. “CSR ini kami harapkan sebagai embrio penting pembangunan desa. Kami berharap apa yang diberikan KPC bisa bernilai, bermanfaat untuk kepentingan masyarakatd i desa masing-masing. Kita semua akan bangga kalau kita berhasil. Semoga program KPC bisa menginspirasi kontraktor juga,” kata Wawan.

Arya Kusuma, Direktur BUMDes Mulya Sari Sangatta Selatan mengatakan, lembaganya telah menerima banyak bantuan berupa asset dari KPC. “BUMDes Mulya Sari sudah banyak mendapatkan hibah asset dari CSR KPC. Antara lain air isi ulang, gedung Balai Pertemuan Desa, Ekowisata Mulyasari Park di BPPUTK. Kami akan mengembangkan usaha-usaha ini untuk kepentingan desa dan masyarakat,” kata Arya. (*)