77 Warga Kutai Timur Terima Beasiswa KPC

8 months

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali memberikan beasiswa kepada masyarakat Kutai Timur, untuk meneruskan studi pada jenjang Diploma Tiga (D3), Strata Satu (S1), Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3).

Pada tahun ini, jumlah penerima mencapai 77 orang, dengan rincian D3/S1 sebanyak 50 orang, S2 sebanyak 25 orang dan tingkat doctoral (S3) sebanyak dua orang.

Acara serah terima dilangsungkan di Aula SMAN 2 Sangatta Utara, dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan DR Roma Malao SE, MM, GM ESD KPC Wawawan Setiawan, GM HR Khudori, Acting Manager Community Empowerment Yuliana Datubua dan para penerima beasiswa serta orangtuanya masing-masing.

Wawan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, program beasiswa merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) KPC dari tujuh program prioritas pemberdayaan masyarakat. Melalui program ini, Wawan berharap, generasi masa depan Kutai Timur lebih baik dan berkualitas sehingga daya saing Kutai Timur semakin baik.

Sementara Roma Malau dalam sambutannya mengapresiasi program CSR KPC yang tak henti-hentinya memberikan dukungan untuk pendidikan Kutai Timur. “Sudah sangat banyak program bantuan pendidikan yang diberikan KPC kepada masyarakat Kutai Timur. Saya mengucapkan terima kasih, semoga bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kutai Timur,” kata Roma.

Ayub, SE, M.Si salah seorang penerima beasiswa program S3 mengaku motivasinya meningkat setelah mendapatkan beasiswa KPC. Sebab menurutnya, baru kali ini warga Dayak Kutai Timur mengenyam pendidikan tingkat Doktor dan langsung mendapatkan beasiswa S3 dari KPC.

“Saya ini warga Dayak Busang dari pedalaman terjauh Kutai Timur. Selama ini belum ada warga Dayak Kutai Timur melanjutkan pendidikan S3. Kalau saya dari pedalaman saja bisa mengenyam pendidikan tingkat doctor, apalagi kalian semua yang besar di kota. Saya ingin memberikan motivasi, semoga akan diikuti oleh anak-adik saya yang lainya,” kata Ayub berapi-api.

Ayub secara khusus menyampaikan apresiasi kepada KPC atas progran CSR yang dinilainya luar biasa ini. “Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada KPC atas program CSR dalam bidang pendidikan ini. Ini adalah investasi sosial jangka panjang. Sebab Kutai Timur membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang baik untuk pembangunan” kata Ayub.

Sampai saat ini, KPC telah memberikan 3,193 beasiswa kepada masyarakat Kutai Timur. Program beasiswa merupakan salah satu program CSR bidang pendidikan. Tujuanya untuk meningkatkan sumber daya manusia warga Kutai Timur, sehingga daya saing daerah menjadi lebih baik pada masa yang akan dating.(*)