Segading Resettlement Jadi Kampung Budaya KPC Serahkan Bangunan Fasilitas Umum

about 2 years

Para wanita di Kampung Budaya, Desa Keraitan menampillkan tarian Nyolai saat pembukaan upacara Pelas Tanah.

DESEMBER 2015 - Warga Dusun Segading, mengaku senang berada di tempat tinggalnya yang baru, dalam program Segading Resettlement, di Desa Keraitan, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur. Salah satu alasannya, segala bentuk tradisi dan budaya mereka, tetap dilestarikan di lokasi baru tersebut.

Kepala Desa Keraitan Jumansyah mengatakan, pelestarian budaya itu bahkan telah dilakukan di sekolah melalui pengembangan sekolah berbasis budaya. “Dinas Pendidikan dan KPC sedang mengembangkan sekolah berbasis budaya. Ini merupakan program yang sangat baik untuk pelestarian dan pengembangan budaya, khususnya adat istiadat kami orang Dayak Basap, yang semakin lama semakin hilang,” ujar Jumansyah saat pembukaan upacara adat Pelas Tanah, pertengahan November lalu, pada Rabu (18/11).

Warga Segading Resettlement sendiri, bahkan telah mengubah nama lokasi baru tersebut menjadi Kampung Budaya, Desa Keraitan. Warga yang telah pindah ke Kampung Budaya tersebut, telah mencapai 45 kepala keluarga (KK). “Saat ini sudah ada 45 kepala keluarga (KK) yang telah menghuni Kampung Budaya, Desa Keraitan. Kami ucapkan terima kasih kepada KPC atas dukungan dan pendampingannya kepada warga kami,” kata Jumansyah.

Jumansyah berharap, semua program pendampingan yang dilakukan KPC, pemerintah dan semua pihak di Kampung Baru itu, bisa bermanfaat bagi kehidupan mereka dan anak cucu mereka kelak. “Mudah-mudahan dengan program ini kualitas pendidikan untuk orang Dayak Basap semakin baik tanpa melupakan budaya asli kami. Harapan kami, bantuan dan dukungan dari semua pihak tersebut akan memberikan manfaat bagi masyarakat Keraitan, khususnya bagi peningkatan kualitas kehidupan anak cucu kami,” kata Jumansyah.

Pada kesempatan pembukaan upacara pelas tanah itu, KPC menyerahkan berbagai fasilitas umum yang telah dibangun di Kampung Budaya. Fasilitas tersebut berupa bangunan kantor desa, kantor BPD, Puskesdes, sekolah, Masjid, Balai Adat, kolam ikan dan pondok pemancingan. Manager Bengalon Community Relation and Development (BCRD) KPC Wawan Setiawan menyerahkan secara simbolis fasilitas tersebut kepada Kepala Desa Keraitan Jumansyah, yang disaksikan oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman.(*)