BUMI Tanam Bibit Terumbu Karang dan Mangrove

about 1 year

PT BUMI Resources Tbk (BUMI), yang merupakan induk perusahaan PT Kaltim Prima Coal (KPC), kembali menunjukkan komitmennya dalam bidang pelestarian lingkungan.

Kali ini hadir dalam bentuk, penanaman 160 bibit terumbu karang dan 2500 bibit mangrove, di Area Perlindungan Laut (APL) Gosong, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (28/9).

Hadir dalam acara penanaman tersebut adalah Vice President Risk Management PT Bumi Resurces Tbk Elly Slamet, Vice President Internal Audit Lufti Julian, Vice President HR & GA Mahmud, CSR Manager Ricco Surya dan Audit Manager PT Arutmin Indonesia Heriyanto.

CSR Manager Ricco Surya mengatakan,  penanaman mangrove merupakan kegiatan kedua dilakukan BUMI bersama anak usahanya KPC dan Arutmin Indonesia. Kegiatan ini pernah dilakukan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Sedangkan penanaman 160 bibit terumbu karang merupakan kali pertama dilakukan.

Ricco lebih lanjut mengatakan, terumbu karang dipilih karena bisa menyediakan tempat tinggal bagi kehidupan laut. “Terumbu karang menjaga keseimbangan karbon dioksida di lautan. Terumbu karang yang hidup di laut dangkal berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi pantai dari arus laut yang kuat dan gelombang tinggi,” ujar Ricco.

“Sementara mangrove berfungsi sebagai penyeimbang lingkungan, karena menjadi tempat bagi spesies tanaman dan hewan laut seperti udang, kepiting dan ikan,” ujar Ricco.

Fungsi lain dari terumbu karang dan mangrove adalah sebagai obyek pariwisata dan penelitian ilmu pengetahuan.(*)