Air dari KPC Penuhi Kebutuhan 5000 Warga Sangatta

over 1 year

Satu lagi proyek kolaborasi antara PT Kaltim Prima Coal (KPC) dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah dirampungkan. Yakni, pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga, di Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC, Wawan Setiawan mengatakan, IPA Kudungga memanfaatkan air dari telaga Kenyamukan di Pit Jupiter. Telaga ini menampung air dari sekitar hutan Pit Jupiter.

KPC telah memulai proses konstruksi pipa dari Telaga Kenyamukan pada tahun 2014 lalu. Pipa berdiameter 450 mm atau 18 inch itu, membentang sejauh 3,5 kilometer.

Wawan menambahkan, air dari Telaga Kenyamukan ini memiliki kualitas yang baik, karena telah melalui proses pengendapan di telaga tersebut. Selain itu, sumber airnya adalah air dari hutan alami yang ada di Pit Jupiter. “Kondisi ini akan mengurangi biaya produksi dari PDAM, karena air bakunya bagus,” ujar Wawan.

Peresmian IPA Kudungga langsung dilakukan oleh Bupati Kutai Timur Ismunandar, Jumat (17/2). Bagian yang telah diresmikan itu merupakan proyek tahap pertama berkekuatan 50 liter/detik. “Untuk tahap pertama ini, kita fokus  untuk warga masyarakat di Kampung Tator, Jalan Dayung dan jalan Soekarno-Hatta. Sementara untuk kantor pemerintahan di Bukit Pelangi, nanti belakangan setelah tahap kedua berkekuatan 50 liter/detik direalisasikan,” kata Ismunandar.

Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy menyatakan kegembiraannya, bisa ikut andil dalam program air bersih di Kota Sangatta. Rudy meyakini, ketersediaan air bersih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Selamat atas peresmian IPA Kudungga ini. Kami sangat gembira bisa ikut andil mendukung pemerintah daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan air,” kata Rudy.

“Melihat jumlah masyarakat yang bisa terlayani antara 4000-5000 pelanggan baru, ini benar-benar menggembirakan buat KPC, karena dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Insya Allah, kami akan selalu siap mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutup Rudy dalam sambutan acara peresmian IPA Kudungga tersebut.(*)