Terbanyak Raih ICA 2017, KPC Dianugerahi Grand Platinum

5 months

PT Kaltim Prima Coal (KPC) sukses memborong 13 penghargaan Indonesian CSR Awards (ICA) 2017 dari kategori Perusahaan Pertambangan dan Energi dalam Malam Penganugrahan ICA 2017 di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, Kamis 30 November 2017.

Pada ajang ini, KPC meraih enam penghargaan kategori platinum, enam kategori gold, serta mendapat predikat Terbaik dalam Penilaian Seleksi Tahap I ICA 2017. Karena mendapat award terbanyak, KPC dinobatkan penghargaan Grand Platinum ICA Awards 2017.

Pada gold awards, diberikan atas program pemberdayaan dan pelestarian ekosistem dan upaya pemulihan lingkungan operasional perusahaan (Peternakan Sapi Terpadu atau PESAT dan Telaga Batu Arang), Olsabara sebagai bagian strategi peningkatan daya saing lokal, pemagangan mekanik, pemberdayaan kader kesehatan dalam pencegahan penyakit menular HIV/AIDS dan DBD, dukungan air baku untuk PDAM Kutai Timur dan program Desa Mandiri.

Dari kategori platinum, ditujukan untuk program 3R oli bekas dan pemanfaatannya, fuel efficiency dalam operasi tambang, penerapan Prima Nirbhaya dalam pengelolaan K3L di KPC, pemanfaatan energi terbarukan dalam operasional tambang, penerapan UU nomor 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh di KPC, serta menjaga keanekaragaman hayati di area reklamasi tambang.

Untuk sederet prestasi tersebut, KPC juga dianugerahi Grand Platinum Awards pada puncak acara sebagai tanda penerapan program CSR yang memenuhi standar dan berkelanjutan ISO 26000;2013 di ajang yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali itu.

Acara penganugerahaan ICA 2017 dihadiri sejumlah perwakilan kepala negara, kementerian dan institusi terkait. Staf Ahli Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Bidang Infrastruktur, Hari Purwanto, menyampaikan dalam sambutannya terkait vitalnya peran CSR dalam memajukan bangsa.“Peduli terhadap sesama, terhadap lingkungan kita, hingga anak cucu kita. No one left behind. Sebenarnya itu inti dari sustainable development. Maka saya mengapresiasi tema yang diambil kali ini yakni Satu Bumi untuk Semua Generasi,” ujar Hari.(*)