KPC Raih Tiga Penghargaan Teknik Pertambangan Dari ESDM

Dua Aditama dan Satu Utama

Upaya PT Kaltim Prima Coal (KPC) menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dan benar (good mining practice), diapresiasi tinggi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Puncaknya, pada Selasa (28/9/2020) lalu, Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan apresiasi berupa dua penghargaan Aditama dan satu penghargaan Utama kepada KPC.

Trofi Aditama merupakan penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang menerapkan kaidah pertambangan yang baik. Sementara kategori Utama merupakan penghargaan kedua tertiggi.

Dua penghargaan Aditama diberikan kepada KPC atas prestasi di bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, kategori perusahaan PKP2B dan satunya pada bidang Pengelolaan Konservasi Batubara. Sementara penghargaan Utama diberikan kepada KPC pada aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan Batubara.

Penghargaan tersebut diumumkan pada acara ‘Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang Baik Tahun 2020’ ini, Selasa (29/09/2020).

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM. Menurut Wawan, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa KPC selalu mengedepankan praktek terbaik dalam operasional tambangnya.

“Terima kasih kepada Menteri ESDM atas apresiasinya kepada KPC. Ini membuktikan operasi tambang KPC sudah sesuai dengan kaidah pertambangan yang baik dan benar,” kata Wawan.

Wawan juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan KPC dan kontraktor yang selalu bekerja mengikuti kaidah pertambangan yang baik. Selain itu, tak lupa GM ESD tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan pemerintah Kutai Timut dan dukungan masyarakat sehingga KPC beroperasi dengan lancar. “Terima kasih kepada pemerintah Kutai Timur dan masyarakat, sehingga kami bisa beroperasi dengan lancar,” kata Wawan.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri ESDM Arifin Tasrif berharap perusahaan-perusahaan penerima penghargaan dapat menjadi role-model dan etalase untuk penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik dan benar (good mining practice).

“Saya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara ini dengan menaruh harapan bahwa hal ini dapat menjadi benchmark yang nyata bagi pengelolaan kaidah teknik pertambangan untuk badan usaha pertambangan dan jasa pertambangan lainnya,” ujar Arifin.

Kepada penerima penghargaan, Menteri Arifin mengucapkan selamat dan berharap mereka dapat menjadi contoh perusahaan-perusahaan lain dalam melaksanakan kegiatan pertambangannya.

“Saya mengucapkan selamat kepada badan usaha pertambangan yang menerima piagam prestasi, trofi prestasi tiap aspek, serta trofi Penghargaan Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan. Saya berharap agar badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang mendapatkan penghargaan dapat menjadi role-model, etalase, serta a place to see and be seen untuk penerapan kaidah teknik pertambangan,” ujar Arifin.

Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 merupakan kegiatan rutin dari Kementerian ESDM, pada Direktorat Jenderal Mineral Dan Batubara.

Kegiatan ini merupakan ajang pemberian apresiasi dari Pemerintah kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melaksanakan konservasi sumberdaya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, dalam rangka mewujudkan praktek pertambangan yang baik atau Good Mining Practices.(*)