CEO KPC Ashok Mitra Raih TOP 10 LEADERS IN MINING IN ASIA 2023

Chief Executive Officer (CEO) PT Kaltim Prima Coal (KPC) Ashok Mitra, dinobatkan sebagai salah satu dari 10 orang pemimpin teratas dalam industri pertambangan di Asia tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh CEOINSIGHTSASIA.COM, pada ajang CEO Insights Asia Top 10 Best Leaders in Mining in Asia 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Sujith Vasudevan, Managing Editor CEOINSIGHTSASIA.COM dan diterima langsung oleh CEO KPC Ashok Mitra, pada Juni 2023 lalu. Penghargaan ini diberikan karena Ashok berhasil mengarahkan keseimbangan pertambangan masa depan melalui proses dekarbonisasi dan program digitalisasi di perusahaan.

Dalam keterangan CEOINSIGHTSASIA.COM disebutkan, Ashok Mitra merupakan sosok yang sangat dihormati di industri pertambangan, telah menjabat sebagai CEO KPC sejak April 2022. Keterampilan dan pengalaman kepemimpinan Ashok telah mendorong KPC ke tingkat yang lebih tinggi sebagai salah satu perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia. Ashok dalam wawancara exclusive dengan CEOINSIGHTSASIA.COM mengatakan, meskipun dirinya berlatar belakang akuntansi, ia mendapatkan pengetahuan praktis tentang operasi pertambangan selama bekerjasama dengan tim KPC dan konsultan McKinsey serta Boston Consulting Group.

“Pengalaman ini telah memungkinkan saya untuk tidak hanya meningkatkan pengetahuan saya, tetapi juga berbagi dengan orang lain. Saya fokus pada pengoptimalan biaya, dan saya mendorong kaum muda untuk mengadopsi pola pikir ini,” kata Ashok. Ashok

Lebih lanjut mengatakan, sebagai CEO dirinya telah membuat langkah signifikan menuju digitalisasi. Hampir 50 persen operasi KPC, kini telah terdigitalisasi. Ia meyakini, bahwa menjadi yang terdepan dalam dunia digital sangat penting untuk kesuksesan di masa depan. “Untuk itu, saya telah mengembangkan dua mantra untuk tim kami. Pengoptimalan biaya, dan peningkatan produksi dengan program digitalisasi. Program digitalisasi ini yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja ke depan,” kata Ashok.

Saat disinggung tentang pendekatan dan pedoman dalam memimpin tim, Ashok mengatakan, hal yang terpenting adalah memberikan motivasi kepada tim. Memberikan keyakinan kepada tim bahwa batu bara masih menjadi sumber energi, setidaknya untuk 15 tahun kedepan. “Sebagai seorang pemimpin, saya percaya adalah tanggung jawab saya untuk memotivasi tim saya dan mengingatkan mereka bahwa batu bara akan terus menjadi sumber untuk 15 tahun ke depan. Ini sangat penting karena industri ini sering dipandang negatif oleh masyarakat. Mempertahankan dan memotivasi karyawan telah menjadi fokus utama bagi saya, dengan penekanan khusus pada sumber daya manusia,” kata Ashok.(*)