Ini Agenda KPC Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedua Tahun 2024

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedua, yang jatuh pada tanggal 5 Juni tiap tahun, dirayakan secara khusus di lingkungan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Pasalnya, perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kabupaten Kutai Timur itu, akan menggelar 12 rangkaian kegiatan, yang dikemas dalam ajang Green Olympic 2024.

Rangkaian kegiatan ini dirilis KPC dalam memorandum bernomor Ref.M404/KTT-HI/V/24, langsung dari Kepala Teknik Tambang (KTT), sekaligus Chief Operating Officer (COO) Hendro ‘Edo’Ichwanto.

Dalam memorandum KTT, kegiatan pertama yang akan digelar berupa, upacara pembukaan Green Olympic 2024, yang akan digelar pada, Rabu (5/6/2024). Dalam acara ini, akan dibacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan perkenalan peserta Green Olympic 2024, yang mewakili Divisi dan kontraktor di lingkungan KPC.

Acara kedua yang akan dihelat berupa Seminar Lingkungan Hidup, pada Rabu (10/7/2024) dan berikutnya, acara olimpiade lingkungan, dengan peserta tampil mewakili divisi di KPC atau para kontraktor perusahaan tambang tersebut.

Kegiatan olimpiade lingkungan ini memiliki 12 cabang kegiatan, yang dimulai pada, Senin (10/6/2024). Berikut cabang olimpiade lingkungan tahun 2024.

  1.  Green Warrior Award, penghargaan bagi para pejuang lingkungan hidup.
  2. Green Innovation Think (GI-Think), ajang inovasi program lingkungan hidup
  3. Enviro Race, kompetisi berseda dan lari
  4. Green Hiking, kompetisi lintas alam di areal reklamasi
  5. Crocodile Boat Race, kompetisi balap perahu buaya di danau pascatambang
  6. Aksi Lingkungan, penanaman pohon/bersih pantai
  7. Uji emisi kendaraan
  8. Kadarigat Award, penghargaan pengelolaan limbah dan hidrokarbon bagi bengkel atau unit kerja
  9. Kompetisi foto bertemakan ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan
  10. Kompetisi poster bertemakan ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan’.
  11. Kompetisi video inovasi pengelolaan lingkungan
  12. Kompetisi video yel-yel lingkungan hidup

Penyelenggaraan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mengacu kepada surat edaran Kepala Inspektur Tambang (KAI), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.8.E/MB.07/DBT.PL/2024 dan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, No S.114/MENLHK/SETJEN/SET.1/5/2024, tanggal 27 Mei 2024, tentang Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Tema dunia Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 adalah Land Restoration, Desertification and Drought Resilience. Sedangkan teman nasionalnya adalah Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan.

Kepala Teknik Tambang KPC Hendro Ichwanto dalam memorandumnya mengajak seluruh karyawan dan kontraktor, agar terlibat aktif dalam mensukseskan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedia di lingkungan Perusahaan.

“”Kami harap partisipasi aktif dari para karyawan pada masing-masing Divisi dan kontraktor KPC untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan ini,” tulis Edo dalam memorandumnya.(*)