Peternak Ayam Petelur Binaan KPC Sumbang Telur ke Tim Medis Covid 19

Kepedulian terhadap tim medis Covid 19, terus mengalir dari masyarakat Kutai Timur. Terakhir datang dari peternak ayam petelur binaan KPC, Asosiasi Usaha Ternak Ayam Petelur Sangatta (As-UTAPS).

Hari ini, Senin (13/4/2020), asosiasi beranggotakan 14 orang tersebut, mendatangi RSUD Kudungga, membawa serta 1.800 butir telur, untuk disumbangkan kepada tim medis yang menangani pasien Covid 19.

“Kami sebagai asosiasi peternak ayam petelur merasa terpanggil untuk memberikan sedikit sumbangsih yang bisa kami lakukan. Semoga bisa bermanfaat untuk tim medis sebagai garda terdepan dalam peperangan melawan corona di Kutai Timur,” ujar Sakius Rexy, Ketua As-UTAPS, di RSUD Kudungga, Senin (13/4/2020).

Manager Community Empowerment KPC Yuliana Datubua menyatakan, As-UTAPS merupakan wadah para peternak ayam petelur binaan KPC, hasil pengembangan Program Ayam Petelur Pasca tambang Pit J. “Mereka ini adalah kelompok hasil binaan dari program ayam petelur pascatambang Pit J. Ya, ini semacam replikasi program Pit J di masyarakat,” kata Yuli.

Sugeng Wiyatno, Superintendent Post Mining KPC menambahkan, sejak tahun 2015 lalu, KPC membuat replikasi terhadap program ayam Pit J, dengan melakukan pendampingan masyarakat, peningkatan kapasitas usaha dan bantuan sarana prasarana. Dalam paket pendampingan ini, termasuk juga pemberian stimulus 4 ribu ayam petelur (pullet) kepada anggota asosiasi.

“Nilai transaksi dari 14 anggota kelompok ini telah mencapai Rp 7,1 miliar. Nilai transaksi  ini dicapai dari keseriusan tim pendamping dan anggota asosiasi. Kita terus berusaha agar nilai manfaat program CSR KPC terus meningkat,” kata Sugeng.(*)