Ajang K3 Skill and Challenge Berlangsung Seru dan Penuh Antusias

Papan seluncur, salah satu challenge pada ajang K3 Skill and Challenge 2023

Ajang K3 Skill and Challenge dalam rangka memperingati Bulan K3 Tahun 2023, kembali digelar di lingkungan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Sebanyak 525 orang terdiri dari 105 tim, ikut meramaikan ajang yang seru dan penuh tantangan tersebut, di Swarga Bara, Sabtu (24/2/2023).

General Manager Mining Support Division (GM MSD) Susilo Ari Wahyudi membentangkan bendera start sekaligus memberikan sambutan mewakili Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy. Dalam sambutanya, Susilo menyatakan, K3 Skill and Challenge merupan acara ketiga dari seluruh rangkaian peringatan Bulan K3 Tahun 2023.

“Saya mendukung kegiatan lomba K3 skill and challenge ini. Lomba ini adalah lomba ke 3 dalam peringatan Bulan K3 di KPC. Pertama lomba Senam Aerobik dan kedua lomba Fun Run. Semua ini bentuk implementasi dari tema Bulan K3 Nasional, “Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha Ditempat Kerja,” kata Susilo.

Selain Susilo, hadir melepas peserta adalah General Manager Mining Operation Division (GM MOD) Hendro Ichwanto dan General Manager Health, Safety, Environment and Security (GM HSES) Kris Pranoto serta sejumlah pejabat di lingkungan KPC dan kontraktor.

Koordinator K3 Skill and Challenge Competition 2023, Setyadi menyebut jika lomba ini seluruh peserta harus menempuh jarak sejauh 8 km, dimana start lomba di area Jogging Track-Swargabara dan finish di area TBA. Peserta harus melalui berbagai rintangan dan adu skill K3 pada 9 Pos yang disediakan panitia.

Skill and Challenge K3 berupa adu yel yel, adu skill inspeksi Alat Pemadam Ringan (APAR),

challenge menaklukan rintangan melewati kolam air menggunakan tali, adu kemampuan melakukan tindakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), yakni prosedur penyelamantan pada korban henti jantung.

Kemudia adu ketangkasan menembak titik target menggunakan senjata airsoftgun, menjawab soal seputar K3, monkey bar, melewati papan seluncur, melewati jembatan tali serta terakhir atau garis finish berupa kerjasama tim melewati rintangan tanpa menyentuh tali net.(*)