Wartawan Media Nasional Diajak Mining Tour di PT Kaltim Prima Coal

PT Bumi Resources Tbk (BUMI), mengajak 15 orang wartawan dari Sembilan media nasional dan internasional, mengunjungi PT Kaltim Prima Coal (KPC), Senin-Rabu (13-15/2/2023).

Sembilan media yang mengunjungi KPC, antara lain dari CNBC Indonesia, ANTEVE, TVOne, Kontan, Investor Daily, Bisnis Indonesia, IDX Chanel, The Jakarta Post dan The Asahi Shimbun (media Jepang).

Para wartawan mengunjungi KPC dalam Program Media Visit BUMI tahun 2023. Mereka datang bersama Achmad Reza Widjaja (Vice President Investor Relations and Chief Economist BUMI) dan Ricco Surya (Manager IR/PR and Communication BUMI).

Para wartawan ini diterima oleh Acting Chief Operating Officer (COO) KPC Kris Pranoto, GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, GM Coal Processing and Handling Division (CPHD) Poltak Sinaga, GM Contract Mining Armstrong Tobing dan sejumlah manager di lingkungan kerja KPC.

Dalam kunjungan tiga hari tersebut, wartawan diajak melihat operasional tambang KPC di Pit Bendili, melihat proses pengangkutan batubara, transportasi menggunakan overland conveyor, coal terminal, proses loading batubara di pelabuhan dan operasional PLTU Tanjung Bara.

Selain itu melihat program pascatambang dan program corporate social responsibility (CSR), seperti Telaga Batu Arang (TBA), Peternakan Sapi Terpadu (PESAT), Pusat Pembibitan Unggas Lokal (Breeding Farm), pemanfaat air tambang untuk IPA Kudungga serta Composing Training Centre (CTC).

GM ESD Wawan Setiawan menyatakan, dari berbagai program CSR dan lingkungan ini, KPC meraih banyak penghargaan nasional dan internasional. Salah satunya penghargaan Subroto Award, yakni penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Enegergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2022 lalu.(*)