Kapolda Kaltim Komitmen Lindungi Objek Vital Nasional

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Pol Nanang Avianto, menyampaikan komitmen untuk terus menjaga obyek vital nasional (Obvitas) di lingkungan Polda Kaltim.

Salah satunya Obvitas sektor pertambangan batubara PT Kaltim Prima Coal (KPC), di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. KPC ditetapkan sebagai Obvitnas karena dampaknya yang besar terhadap perkembangan social dan ekonomi masyarakat dan memberikan kontribusi langsung kepada negara, berupa pajak, royalty dan devisa ekspor.

Untuk memantau keamanan KPC sebagai Obvitas, Kapolda dalam kunjungannya ke Sangatta, menyempatkan diri berkunjung ke tambang. Kapolda langsung mendatangi salah satu tambang terbesar KPC di Pit Bendili, yang dikelola oleh Departemen Bintang.

Dalam kunjungannya ke tambang KPC, Kapolda didampingi Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, beserta pejabat utama Polda Kaltim dan jajaran manajemen KPC, Selasa (28/5/’24).

Pada kesempatan tersebut, Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan, kunjungan ke tambang KPC bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang operasional dan system pengamanan KPC. Informasi tersebut diperlukan sebagai referensi dalam merumuskan strategi pengamanan Obvitnas yang efektif di Kaltim.

“Kami berharap, kunjungan ini dapat memberikan referensi untuk merumuskan strategi pengamanan yang lebih efektif dalam menjaga dan melindungi objek vital nasional (obvitnas) khususnya di Kaltim,” kata Kapolda Irjen Pol Nanang Avianto.

Kapolda juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada KPC dan jajaran Polres Kutim, karena operasional perusahaan sejauh ini masih berjalan lancar dan  aman.

Seperti diketahui, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto bersama sejumlah pejabat utama Polda Kaltim, Senin (27/5/2025) bertandang ke Sangatta, Kutai Timur.

Agenda utama Kapolda adalah meresmikan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Kutim dan peletakan batu pertama pembangunan tiga satuan penting di Mapolres Kutim. Tiga satuan yang dibangun secara khusus adalah, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas), Satuan Narkoba (Sat Narkoba) dan Satuan Samapta (Sat Samapta). Tiga proyek tersebut didirikan di sekitar Mapolres Kutim, di Pusat Perkantoran Pemkab, Komplek Bukit Pelangi.(*)