Tanam Pohon, Bersih Lingkungan dan Senam Sehat, Warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, panitia Green Olympic KPC mengelar acara Sabtu Kita Senam (SKS) yang dirangkaikan dengan kegiatan tanam pohon (Tree Planting) dan bersih sampah di lingkungan Townhall (Townhall Clean Up), Sabtu (15/6/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dalam hal ini Divisi Health, Safety, Environmental and Security (HSES) dengan Yayasan Sangatta Baru (YSB) dan Persatuan Ahli Pertambangan (PERHAPI) Kutai Timur. Acara ini mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutai Timur dan melibatkan karyawan, puluhan masyarakat Sangatta dan sekitarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Achmada Noor, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum DLH Kutim, sekaligus Ketua Panitia Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 Kabupaten Kutai Timur. Berikut Muhammad Raizal, General Manager Mining Operation (GM MOD), yang bertindak mewakili Chief Operating Officer (COO)/Kepala Teknik Tambang (KTT) KPC Hendro Ichwanto.

Hadir juga General Manager Mining Support Division (GM MSD) Susilo Ari Wahyudi, General Manager Business Performance Improvement Division (GM BPID) Arief Rusmin, Acting General Manager HSES Untung Suhartanto, Acting General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) Nanang Supriyadi dan Ketua Panitia Green Olympic 20204, Fahmi Syaifudin.

“Dukungan serta apresiasi kami sampaikan atas nama Pemkab Kutim, kegiatan tanam pohon dan bersih sampah yang diprakarsai oleh KPC dilingkungan Town Hall-Swargabara, sebagai salah satu pusat keramaian serta kegiatan Masyarakat,” kata Achmadi Noor.

Achmadi juga mengungkapkan untuk kegiatan hari lingkungan hidup tahun ini dari Pemkab Kutim, mengadakan berbagai macam lomba bertema lingkungan. Berupa kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah, kegiatan bersih sampah di pantai Teluk Lombok dan Talkshow dengan mengundang pemateri dari Kementerian Lingkungan Hidup RI serta praktisi lingkungan yang dilaksanakan pada saat puncak acara.

“Kami berharap kegiatan serupa untuk lingkungan yang bersih dan hijau, khususnya dilingkungan KPC bisa berkelanjutan kedepannya. Usaha dan upaya yang telah dilakukan KPC atas partisipasinya ikut melestarikan lingkungan yang sehat dan hijau ini sangat positif. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” kata Achmadi.

Dalam kesempatan itupula dilakukan seremonial penamaan puluhan bibit pohon. Bibit pohon yang ditanam berupa cemara glodok, yang ditanam di sekitar lapangan Jogging Track, Swargabara. Acara dilanjutkan dengan bersih sampah di sekitar area Townhall dan pengundian doorprize pada akhir acara.

Muhammad Raizal dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan YME atas terselenggaranya kegiatan senam, tanam pohon dan bersih lingkungan tersebut. Raizal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta Sabtu Kita Senam (SKS), karena telah meluangkan waktu berpartisipasi mengikuti kegiatan.

“Kegiatan senam, tanam pohon dan bersih lingkungan hari ini, merupakan salah satu bentuk kegiatan Perusahaan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedua tahun 2024. Kegiatan ini melibatkan perusahaan kontraktor, organisasi profesi PERHAPI dan YSB,” kata Raizal.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi kepada masyarakat untuk memupuk rasa cinta dan tanggung jawab atas kelestarian lingkungan. Sehingga menciptakan lingkungan yang hijau serta dapat menerapkan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga di Kutai Timur, khususnya di lingkungan KPC,” tutup Raizal.(*)